TIGA CARA SALAH MENANGANI KONFLIK

Kalau bicara soal konflik, rasanya semua serba negatif. Konflik berarti ada masalah, miskomunikasi, kecewa, marah, dan perasaan yang negatif lainnya. Tetapi sebenarnya bila ditangani dengan tepat konflik berguna karena membuat orang berpikir kreatif dan inovatif, mencari inti masalah, dan memacu untuk maju.

Tiga hal yang salah: 

1. FLIGHT VS. FIGHT. 
Ada orang yang tidak suka konflik lalu mendiamkan atau menunda dengan pemikiran konflik akan selesai dengan sendirinya. Justru sebaliknya, konflik terpendam akan muncul kembali dengan lebih parah. Setiap konflik perlu diselesaikan, namun bukan maksudnya "Mari kita selesaikan secara jantan di lapangan!" Selesaikan dengan kepala dingin dan tetap menjaga rasa hormat.
2. ME VS. YOU. 
Kalau Anda menganggap konflik sebagai pertandingan siapa yang menang, maka kemungkinan besar peperangan tambah sengit tanpa ada solusi yang baik. Fokus untuk mencari solusi berubah menjadi keinginan untuk menang (power struggle). Perhatikan bahasa Anda, gunakan "saya" bukan "kamu." Jangan katakam "Kamu lambat sekali kerjanya, mana laporannya?" Tetapi "Saya butuh laporan ini selesai tiap sore." Contoh lain "Masakanmu tidak enak." Gantikan dengan "Saya lebih suka kalau lebih asin." 

3. OPINI VS. FAKTA. 

Opini memperparah konflik dengan meniupkan gosip dan pendapat pribadi yang seringkali tidak tepat karena emosi kita berlari lebih cepat dari penalaran. Pilah-pilah mana opini dan mana fakta. Fakta adalah teman terbaik dalam mencari solusi (EI) 

TIGA HAL DALAM MENANGANI KONFLIK: 

1. JAGALAH MOTIVASI ANDA MURNI, 
2. PIKIRAN ANDA POSITIF, 
3. HATI ANDA BENAR DI HADAPAN TUHAN. smile emoticon
disadur dr BBM teman


JJ FLORIST

Menerima pesanan papan bunga untuk segala jenis acara di Pematang Siantar dan Simalungun sekitarnya. 

HP : 0813 - 7653 - 9108
HP : 0857 - 6275 - 1774
HP : 0813 - 7644 - 9179

Komentar